Materi Matematika kelas 4 Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan
Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan
1. Mengenal bilangan 5.000 - 10.000
a. Membaca Lambang Bilangan
Perhatikan contoh berikut ini!
5.000 dibaca lima ribu.
5.005 dibaca lima ribu lima
6.012 dibaca enam ribu dua belas
7.032 dibaca tujuh ribu tiga puluh dua
8.065 dibaca delapan ribu enam puluh lima.
9099 dibaca sembilan ribu sembilan puluh sembilan.
10.000 dibaca sepuluh ribu.
b. Menulis Nama Bilangan
Perhatikan contoh berikut ini!
5023 ditulis lima ribu dua puluh tiga.
6050 ditulis enam ribu lima puluh.
7123 ditulis tujuh ribu seratus dua puluh tiga.
8765 ditulis delapan ribu tujuh ratus enam puluh lima.
9900 ditulis sembilan ratus sembilan puluh sembilan.
c. Menulis Lambang Bilangan
Perhatikan contoh berikut ini!
lima ribu delapan belas ditulis 5.018
enam ribu dua puluh sembilan ditulis 6.029
tujuh ribu enam puluh empat ditulis 7.064
delapan ribu delapan ratus ditulis 8.800
sembilan ribu dua ratus empat puluh empat ditulis9.244
sepuluh ribu ditulis 10.000
2. Mengenal Bilangan 10.000 sampai 50.000
a. Membaca Lambang Bilangan
Perhatikan contoh berikut ini!
10.001 dibaca sepuluh ribu satu
20.031 dibaca dua puluh ribu tiga puluh satu.
30.173 dibaca tiga puluh ribu seratustujuh puluh tiga.
40.452 dibaca empat puluh ribu empat ratus lima puluh dua.
50.000 dibaca lima puluh ribu.
b. Menulis Nama Bilangan
Perhatikan contoh berikut ini!
10.009 ditulis sepuluh ribu sembilan
20.030 ditulis dua puluh ribu tiga puluh.
30.250 ditulis tiga puluh ribu dua ratus lima puluh.
40.999 ditulis empat puluh ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan.
c. Menulis Lambang Bilangan
Perhatikan contoh dibawah ini!
sepulu ribu seratus tujuh ditulis 10.107
dua puluh ribu dua ratus tiga puluh satu ditulis 20.231
tiga puluh ribu lima ratus lima puluh lima ditulis 30.555
empat puluh ribu sembilan puluh sembilan ditulis40.099
lima puluh ribu ditulis 50.000
3. Mengenal Bilangan lebih dari 50.000
a. Membaca Lambang Bilangan
Perhatikan contoh berikut ini!
60.000 dibaca enam puluh ribu
88.888 dibaca delapan puluh delapan ribu delapan ratus delapan
100.000 dibaca seratus ribu
303.000 dibaca tiga ratus tiga ribu
550.000 dibaca lima ratus lima puluh ribu
b. Menulis nama Bilangan
Perhatikan contoh berikut ini!
73.100 ditulis tujuh puluh tiga ribu seratus.
98.650 ditulis sembilan puluh delapan ribu enam ratus lima puluh.
100.300 ditulis seratus ribu tiga ratus
254.001 ditulis dua ratus lima puluh empat ribu satu
509.090 ditulis lima ratus sembilan ribu sembilan puluh.
c. Menulis Lambang Bilangan
Perhatika contoh berikut ini!
delapan puluh ribu lima ratus ditulis 80.500
sembilan puluh lima ribu lima ditulis 95.005
seratus tujuh puluh tiga ribu ditulis 173.000
empat ratus delapan puluh dua ribu seratus empat ditulis 482.104
lima ratus enam puluh ribu enam ratus tujuh puluh dua ditulis 560.672
4. Menentukan Nilai Tempat
Perhatikan contoh berikut ini!
132.682
· Nilai Tempatnya (dilihat dari depan)
1 = ratusan ribu
3 = puluhan ribu
2 = ribuan
6 = ratusan
5 = puluhan
8 = satuan
· Nilai Tempatnya (dilihat dari Belakang)
8 = satuan
5 = puluhan
6 = ratusan
2 = ribuan
3 = puluhan ribu
1 =ratusan ribu
5. Membandingkan Dua Bilangan yang Melibatkan Dua Tempat
Tanda Pembandinga) ... > ... artinya, lebih dari.
b) ... < ... artinya, kurang dari.
c) ... = ... artinya, sama dengan
Contoh
a) 10 > 7 artinya, 10 lebih dari tujuh.
b) 8 < 12 artinya, 8 kurang dari dua belas.
c) 6 = 6 artinya, enam sama dengan enam.
Untuk membandingkan dua bilangan, dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Pisahkan masing-masing nilai tempat pada kedua bilangan tersebut, kemudian bandingkan.
6. Mengurutkan Bilangan dari Terkecil atau Terbesar
a. Mengurutkan Bilangan dengan Pola Teratur
Urutkan Bilangan berikut ini dari yang Terkecil
1) 36.425, 38.452, 35.452, 39.452, 37.452 (selisih 1000)
Jawab : 35.452, 36.452, 37.452, 38.452, 39.452
Urutkan berikut ini dari yang terbesar
1) 55.505, 55.105, 55.305, 55.405, 55.205 (selisih 100)
Jawab : 55.505, 55.405, 55.305, 55.205, 55.105
b. Mengurutkan Bilangan yang Tidak Berpola
→ caranya yaitu dengan mengurutkan bilangan-bilangan dengan selisih yang paling dekat.
Comments
Post a Comment